Saturday, September 24, 2011

Tulisan Abal-abal

Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan, dikelilingi oleh lautan yang sangat luas, dan garis pantai terpanjang kedua di dunia. Oleh karena itu, Indonesia memiliki potensi laut yang sangat besar . Jika ditinjau dari potensi wisata baharinya, sangat banyak jenis-jenis wisata bahari yang bisa ditemukan  di Indonesia. Bahkan, kebanyakan turis asing yang datang ke Indonesia karena ketertarikannya dengan pulau, pantai, dan laut Indonesia. Karena ini adalah suatu sumberdaya tak terpulihkan yang dimiliki Indonesia, jadi diperlukanpengelolaan dengan sistem berkelanjutan, agar bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin dengan tetap menjaga kelestarian sumberdaya tersebut.
Karena memiliki laut yang sangat luas, kepariwisataan Indonesia sangat  unggul di sektor wisata bahari. Sumberdaya alam laut wilayah kepulauan di Indonesia dengan keaslian dan kualitas keindahan alamnya sangat berpotensi menjadi The Best Marine Tourim Destination, seperti diving, snorkeling, surfing, yachting, fishing, serta marine ecotourism. Dari sini kita bisa katakan, bahwa indonesia sebenarnya adalah negara yang kaya, kaya akan sumberdaya alam. Akan tetapi, kembali lagi, sumberdaya alam tidak akan bermanfaat secara maksimal jika sumberdaya manusianya tidak mampu mengelola dengan baik dan benar. Masalah juga tidak hanya datang dari pengelola saja, tapi campur tangan pengunjung, dan adana bencana alam mengakibatkan kerusakan.
Dengan melihat potensinya, kepariwisataan bahari memiliki peran yang cukup penting, dilihat dari peran ekonomis dan fungsi ekologis, serta potensi wilayah kepulauan maka kegiatan kepariwisataan harus dilakukan melalui pendekatan ekosistem, pemberdayaan masyarakat setempat, dan pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya secara berkelanjutan.
Sumber: Artikel mengenai Wisata Bahari

No comments:

Post a Comment